08/07/11

Malam terakir di Ufa rasanya kok jadi berat untuk ninggalin ufa ya?? Padahal dari kemaren-kemaren udah bosan di sini, eh giliran malam terakir jadi dilema kaya gini. Padahal tadi udah mo tidur karena capek abis ngepak-ngepak barang dan bersihin kamar. Gak terasa ternyata tuh 2 minggu berturut-turut kerjanya jalan mulu aihk kulit makin hitam ini. Beda orang Asia dengan orang Eropa, klo orang Eropa ketika memasuki waktu musim panas berlomba-lomba untuk berjemur supaya kulitnya menjadi gelap…. Lah klo orang Asia (termasuk Aq) malah menghindari panas :))) Tapi yah sama aja boong, lah wong panasnya gak kira-kira.. Klo mo dibayangin panasnya itu kaya jam 12-2 nya jakarta, nah klo di sini kan panasnya itu dari jam 12-22 tapi dengan suhu siang harinya jakarta jadi bayangin aja jika sampe jam 22 matahati masih bertengger dengan mantapnya di langit.. Klo sehari nggak kemana-mana rasa bosannya itu loh poll banget karena di kamar panas.. Paling enak sih emang ngadem di mall soalnya ada AC nya euy😀 (Malah ngalor ngidul). 

 

Jadi pas tgl 1 juli kemaren akhirnya aq WISUDA ahahahhahahaha betapa senangnya karena wisudanya nggak diundur-undur lagi. Dari awal dapet pengunguman klo wisuda tanggal 20 juni, eh ternyata nggak jadi. Trus diundur jadi tgl 24 juni (lagi-lagi diundur), trus jadi tgl 30 juni nah lagi-lagi diundur dengan alasan ijazah dah dicetak tapi rektor belum semua nandatanganin ijazah, jadi akhirnya pas tgl 29 dikasih tau “WISUDA TANGGAL 1 JAM 11” padahal aq sidang dah dari tgl 25 mei. Yah beginilah keadaan di Rusia ini, jadi 11 12 juga ma di Indonesia. Ternyata pas hari H nya agak sedikit terlambat karena salah naek bus alhasil harus jalan lagi deh, mau naek taksi eh operator taksinya bilang “gak ada taksi yang kosong, klo mau tunggu 30 menit lago”. Untungnya pas aq nyampe ruangan nama qu pas banget baru dipanggil. Dalam hati “ahkkkkkkkkkk akhirnya senang bisa megang ijazah, sensasinya luar biasa hahahhahahaha” Oh ya, aq wisudanya nggak bareng-bareng dengan orang Rusia, jadi wisuda bareng dengan mahasiswa dari negara laen walaupun sebagian besar itu dari Afrika. Setelah acara wisuda selesai, tiba waktunya untuk mengembalikan ijazah ke dekan internasional untuk dilegalisai kementrian luar negeri Rusia yang ada di moscow😦😦 Proses untuk legalisasi-nya itu memakan awaktu 1 minggu, nah dekan aq baru ke moscow hari senen tgl 11 juli jadi sekali lagi harus sabar menunggu ijazah (Mo kuliah di sini aja dah ribet, lah dah selesai kuliah aja masih ribet). Disamping itu juga aq ngurus ijazah standart eropa, itu juga ngurusnya memakan waktu 2 minggu, jadi kira-kira ijazah-nya baru selesai tgl 15 juli (Lamaaaaaaaaaaaaaa) tapi untungnya ada anak AISEC bandung yang sedang bekunjung ke ufa, jadi nitip ke dia untuk ngambilin ijazah aq itu (Melarikan diri dari tanggung jawab-> jangan dicontoh hwhwhwhhwhwhwhwhw). Sebenarnya ada alasannya juga karena aq mesti beli tiket ke jakarta yang harganya malah makin mahal bukan makin murah😦😦😦 jadi klo gak buru-buru dibeli alhasil bisa lama lagi di Rusia ini😦😦😦

Entah kenapa klo sudah berurusan dengan dokumen bisa bikin sakit kepala karena lama nunggu jadi nya.. Berasa juga jobless-nya selama 2 bulan di sini, mau kerja nggak bisa kerja alhasil kerjanya cuman “NGEBO” doang selama 2 bulan, mau Eurotrip kantong kosong😦😦  . Kena di Rusia ini jarak antara 1 kota dengan kota laen jauh banget, mau keluar kota aja bisa memakan waktu 6-7 jam menggunakan bus udah gitu harga tiket minimal 35$. Jadi klo di sini itu minimal dibutuhkan 200$ untuk jalan-jalan di 1 kota itu untuk 3 hari lah ya, jadi kebayang mahal juga kan. Tapi bagaimanapun juga aq bersyukur sempat mengunjungi beberapa kota di sini walaupun masih bisa dihitung dengan jari tangan.

Udah jam 2.30 waktu sini, mau-nya sih nggak tidur tapi apa daya mata sudah tidak kuat. Energinya sudah habis gara-gara packing tadi, dan belum beres semua =,=” Oh ya perjalanan ke moscow kali ini naek KERETA selama 25 JAM!!!!! Panas-panas gini naek kereta mudah-mudahan kuat. Pengen naek pesawat tp harganya 2X lebih mahal dari KA. Mudah-mudahan lancar-lancar saja, Aminnnnnnnnn.. Ok Spoki…Ya pashla spat hoaaaaaaaaammmmmmmmmmmmm

7 pemikiran pada “08/07/11

  1. Nice story…🙂 kuliah di moskov univ?🙂 tersebut kata russia semakin membangkitkan keinginanku untuk stay forever disana🙂 sangat.. Tapi terkendala jalan

    1. Salam kenal juga.. Makasih ya atas ucapannya.. Skrg ada di jkt.. Bagus klo ngebantu🙂 Ada rencana tambah postingan gmna skripsi di sana.. Tp nunggu waktu luang dulu🙂

  2. wah, selamat ya Mbak atas kelulusannya🙂 Aku lagi iseng liat-liat tentang beasiswa eh terus ketemu blog Mbak. Perjuangan yg Mbak ceritain di blog, keren banget deh. Jadi ikutan senang atas keberhasilan Mbak nyelesein studi di Rusia! sukses terus ya, Mbak🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s