(Info pembukaan) BEASISWA BELAJAR DI RUSIA T.A. 2011 – 2012

BEASISWA BELAJAR DI RUSIA T.A. 2011 – 2012

PUSAT ILMU PENGETAHUAN DAN KEBUDAYAAN RUSIA
BEASISWA BELAJAR DI RUSIA T.A. 2011/2012
Setiap awal tahun, pemerintah Federasi Rusia memberikan beasiswa untuk mahasiswa Indonesia belajar di Rusia. Untuk jenjang S1, S2dan spesialisasi (35 beasiswa); S3 dan post-doktoral (10 beasiswa).
Persyaratan yang harus dipenuhi pelamar adalah:
S1 : nilai ijazah rata-rata 8,0 untuk mata pelajaran yang sesuai program studi tujuan, tidak ada angka merah untuk mata pelajaran lain, usia maks. tidak lebih dari 3th setelah tamat SMA, melengkapi berkas-berkas yang diperlukan, berkas lamaran dimasukkan dalam map kuning (dibuat masing-masing rangkap 2).
S2 : IPK min. 2,75, usia maks. 28th, melengkapi berkas-berkas yang diperlukan, berkas lamaran dimasukkan dalam map merah (dibuat masing-masing rangkap 2).
S3 : Lulus S2, memiliki pengalaman kerja sesuai spesialisasi, usia maks.35th, membuat referat/ proposal singkat maks.2 hlm tentang tema penelitian ilmiah, sertakan daftar judul publikasi (kalau ada). Untuk lulusan Rusia, proposal dibuat dalam Bahasa Indonesia dan Rusia, melengkapi berkas-berkas yang diperlukan, berkas lamaran dimasukkan dalam map hijau (dibuat masing-masing rangkap 2).
Post-doktoral: Lulus doktoral, memiliki pengalaman kerja sesuai spesialisasi, usia maks.45th, membuat referat/ proposal singkat maks.2 halaman tentang tema penelitian ilmiah, sertakan daftar judul publikasi (kalau ada). Menyertakan surat rekomendasi dari 2 profesor. Untuk lulusan Rusia, proposal dibuat dalam Bahasa Indonesia dan Rusia, melengkapi berkas-berkas yang diperlukan, berkas lamaran dimasukkan dalam map hijau (dibuat masing-masing rangkap 2).
Berkas-berkas lamaran yang harus diajukan dan diurutkan sebagai berikut:
– Mengisi lembar aplikasi dalam Bahasa Inggris 2 kali (form terdapat di PIPKR)
– Fotokopi ijazah dan transkrip nilai dilegalisir lembaga pendidikan yang mengeluarkan, dibuat 2 rangkap.
– Terjemahan ijazah dan transkrip nilai dalam Bahasa Inggris dilegalisir lembaga pendidikan, disahkan notaris kemudian di ekivalensikan oleh Departemen Pendidikan Nasional, dibuat 2 rangkap.
– Surat keterangan lulus tes kesehatan serta keterangan bebas HIV/AIDS, dalam Bahasa Inggris, dilegalisir instansi yang mengeluarkan, dibuat 2 rangkap.
– Fotokopi akta kelahiran, 2 lembar.
– Terjemahan akta kelahiran dalam Bahasa Inggris disahkan notaris, 2 lembar.
– 10 lembar pasfoto 4×6 berwarna.
– Fotokopi berwarna dari lembar pertama paspor (dibuat 2 kali) dan data diri lengkap (untuk mengisi visa). Masa berlaku paspor setidaknya terhitung 1,5 tahun sejak tiba di Rusia.
– Membayar biaya pengganti yang dikeluarkan PIPKR untuk mengirim berkas lamaran ke Rusia, biaya telepon dan faksimil ke Rusia sebesar Rp.500.000,-
– Penerjemahan dokumen ke dalam Bahasa Inggris dapat dilakukan oleh lembaga yang menerbitkan dokumen tersebut atau penerjemah tersumpah.
Pelamar beasiswa akan melewati 3 tahap seleksi: 1) seleksi berkas-berkas lamaran; 2) seleksi wawancara; 3) lulus wawancara, berkas dikirim ke dan diseleksi oleh Kementrian Pendidikan Rusia.
Penerima beasiswa akan mendapatkan: biaya pendidikan selama jenjang pendidikannya S1 (5 th), S2-S3-postdoktoral (3 th); uang saku per bulan 1100RUB/ 37,2USD (S1, S2), atau uang saku per bulan 1500RUB/ 50,8USD (S3, postdoktoral). S1 dan S2 akan mengikuti fakultas persiapan 1th untuk belajar Bahasa Rusia dan tiba di Rusia bulan September. S3 dan postdoktoral tiba di Rusia bulan Desember.
Perlengkapan dan biaya yang harus disediakan dan ditanggung sendiri oleh penerima beasiswa adalah:
– Perlengkapan baju, sepatu, keperluan pribadi dan pendukung lain yang memadai untuk iklim Rusia.
– Uang saku untuk pengeluaran pribadi minimal 300USD/ bulan dan polis asuransi kesehatan 250USD/ tahun.
– Biaya penjemputan, transportasi dari airport ke tempat tujuan dan registrasi paspor minimal 250USD (kecuali untuk kota-kota tertentu di selatan dan timur Rusia).
– Tersedia asrama mahasiswa yang ongkos sewanya dibebankan kepada penerima beasiswa (+/- 30USD/bulan).
– Tiket pesawat Jakarta-Moskow (+/- 900USD).
Beasiswa tersedia untuk Ilmu Alam; Ilmu Teknik; Ilmu Sosial; Ilmu Humaniora. Untuk Ilmu Hukum dan Ilmu Politik, masing-masing hanya tersedia 1 kuota, untuk Kedokteran hanya tersedia 3 kuota.Pendaftaran dibuka dari tanggal 23 maret 2011 – 14 April 2011. Hubungi Pusat Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan Rusia, Jln Diponegoro 12, Menteng Jakarta Pusat, telp: 021 – 31935290

 

4 pemikiran pada “(Info pembukaan) BEASISWA BELAJAR DI RUSIA T.A. 2011 – 2012

  1. zdrastwuyte, mbak Rahmi
    perkenalkan saya Ista Ricky dari FTK-ITS
    saya ada rencana setelah selesai S1 nanti ingin meneruskan S2 disana

    kira2 tes atau ujian tertulis apa yang kita lalui sebelum ditempatkan di salah satu univ di rusia?

    saya ingin tanya kalau 300 USD/bulan utk kebutuhan sehari-hari rinciannya apa aja? itu sudah masuk biaya sewa asrama belum? kalau asrama gambarannya (katanya tanpa dapur) seperti apa (kos, kontrakan kecil atau ????)

    n polis asuransi dibayarnya kemana?

    n apakah orang Rusia kalau dimintai pertolongan/ ditanyai (mis; nanya jalan) itu sangat sulit?

    Bidang saya Kelautan, kalau boleh tau univ apa yang di Rusia yang membuka bidang tsb? dmana?

    ada asrama yang tak boleh bawa alat misal kompor, setrika, penghangat, jadi kalau musim dingin / setrika baju, gimana tuh mbak?

    n maaf maaf sangat, mbak rahmi, kira kira dng 300 USD/ bulan tuk keperluan sehari-hari pengalaman mbak memberatkan ortu banget gak sih? (maklum saja, saya yg disini hanya 500 rb/bulan)

    izhvinitye, apa bila ada salah2 kata mohon jawabannya, spasiba

    1. Zdravstui Ricky,,

      Sampai saat ini untuk penerimaan beasiswa tidak ada test tertulis,hanya ada seleksi berkas dan test wawancara..

      300 USD/bln sudah termasuk asrama dan living cost di Rusia.. Klo gambaran asrama ya kaya asrama yg ada di Indonesia aj,nah untuk masalah daour, wc itu tergantung Univ nya ya… Ada yang WC,dapur, dan kamar 1 blok..

      Polis asuransi dibayar ke univ masing2..

      Klo masalh univ bisa ditanyakan langsung ke PKR untuk lebih jelasnya..Karena klo mo ambil beasiswa kita gak bisa milih univ apa,tapi kita yang ditempatkan oleh kementrian pendidikan rusia..

      Untuk asrama yang tidak diperbolehkan membawa alat2 listrik,biasanya disediakan oleh asrama dan ada ruangan khususnya..

      yah klo dihitung2 sih 300 USD/bln standart untuk hidup di LN ya.. Memberatkan sih ia tapi mo gmna lagi…

      Ok..segitu dulu ya jawaban dari saya…Mudah2an bisa ngebantu..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s