1,5 Tahun lagi

Ga berasa hidup di Rusia tinggal 1,5 thn lg, at sebenarnya bisa dibilang kurang dari 1,5 thn lagi.. Tapi waktu benar2 sungguh tidak terasa. 1,5 thn lg aq harus mengumpulkan energi.. Yah demi masa depan yg selama ini aq impikan.. Tidak terasa walau  berat jalan yg harus qu tempuh tapi tetep tidak membuat qu patah semangat… Sekarang sudah bulan maret yang mana sebentar lg juga akan menghadapi ujian smester lalu setelah itu liburan ke jakarta.. Sepertinya semua indah sekali tapi entah apa yg akan terjadi..  Memang kadang yang terpikirkan ke LN negeri itu enak, seru tapi hanya jika sekedar jalan2, Tapi ridak untuk tinggal lama2.. Mungkin 1 at 2 thn masih normal.. Tapi karena aq harus menempuh pendidikan di Rusia selama 5 tahun berbeda rasanya.. Apalagi Rusia negara yg benar2 berbeda dari Eropa Barat dan Amerika.. Dengan ikllimnya yang sangat ekstrim knapa bisa dibilang ekstrim karena ketika musim dingin dsni suhu bisa sampe -40 derajat selsius… Bisa dibayangkan betapa sangat dinginnya apalagi ditambah angin2 terasa sekali muka disayat2 silet.. Ketika musim panas yg suhunya tidak jauh berbeda dengan jakarta tapi tetep saja karena di sini iklimnya kering terasa beda panasnya.. Yah tapi itu semua sudah aq rasakan selama 3,5 thn di sini..

1,5 tahun bukanlah waktu yang lama dan cepat.. Tapi mengingat betapa berat perjuangan di sini itulah penyemangat terakir qu agar aq bisa bertahan sampai titik terakir.. Sering ketika aq berkenalan dengan orang rusia mereka selalu bertanya “Kenapa kamu mau kul di Rusia?”, “Apakah di Negara kamu tidak ada universitas yg bagus?”, dll. Bahkan mereka sungguh tidak percaya ada orang asing yang kul di Rusia.. Karena sebagai orang rusia sendiri mereka sadar betul bahasa mereka sangat2 susah.. Apalagi ada orang asing yg belajar di Negara mereka itu.. Apalagi ketika sudah memasuki ujian smester pikir mereka, itu sungguh2 tidak mungkin… Hahahhahaahhaahha kadang lucu sekali dengan pertannyaan2 mereka itu, tapi karena sudah ada di sini trus mau langsung balik ke Indonesia gitu??  Masih banyak orang Rusia yang menganggap kami2 ini orang asing tidak tahu apa2, kami bodoh, dll.. Hanya orang Rusia yang jenius dan pintar.. Ternyata sisa2 komunis pun masaih tersisa sampai generasi muda mereka.. Tapi itulah Rusia.. Sehingga membuat mereka sangat cinta Negara.. Kadang2 juga ada warga negaranya yg tidak suka dgn Negara mereka sendiri.. Tapi setiap orang kan mempunyai pilihan hidup masing2..

Sekarang ini waktunya tinggal menikmati sisa2 kehidupan di Rusia.. Negara yang memberi banyak pelajaran hidup.. Negara yg telah memberi pengertian tentang arti hidup.. Negara yang membuat qu selalu optimis dalam menjalani hidup.. Negara yang membuat qu bisa berlapang dada ketika dihimpit banyak masalah.. Negara yang membuat qu semakin keras kepala hehehehehehehehhe… Negara yang telah membuat qu menjadi wanita tangguh..🙂

7 pemikiran pada “1,5 Tahun lagi

  1. wah,,,kull S1 di rusia..? keren…… pulang ke tanah air brapa bulan skali neh..? ho2…

    saia jg pengen tuh go abroad,, (dulu hampir dapet beasiswa AFS tp gagal karena sakit cacar…. hajuh….)

    slamat brjuang di negro orang yah…..

    tetap semangat…

  2. saya sangat tertarik dengan negara rusia mbak.
    kira-kira bisa mbak deskripsikan tidak gimana kultur masyarakat rusia tersebut?
    thanks

    1. Hlo mutiara,thx ya dah mampir🙂

      btw sory aq skrg2 ini ga bisa mendeskripsikan kultur rusia coz lg sibuk bgt dgn tugas2 kul yg ga selesai2.. klo ad wkt luang aq tulis nanti🙂

    1. Salam kenal juga Russel,

      Klo kehidupan asrama biasa2 aj kok..Tergantung cara bergaul aj..Bgitu juga dengan kehidupan sosialnya..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s