Mengenal bahasa Rusia yuk!!


Percakapan bahasa Rusia ini sengaja saya postingkan karena ada permintaan dari temen. Ya hitung-hitung tambah pengetahuan juga bagi temen2 lainnya yg ingin bljr bhs Rusia atau sekedar ingin mengetahui seprti apa sih bhs Rusia itu. Bahasa Rusia merupakan salah satu bhs tersulit di Dunia. Perlu kesabaran yang lebih dalam mempelajari bhs ini, sabar lagi sabar lagi), soalnya sebelumnya kita tidak pernah at bahkan sama sekali tidak mengetehui seperti apa bahasa rusia (boro2 kepikiran bhs Rusia, wong bhs sendiri aj msh acak kadul). Tidak seperti kita mempelajari bhs inggris, yang jika kita belajar hanya dr mendengarkan lagu atau menonton film kita sudah bisa faham. (nah klo lg dengerin lagu at film yg berbahasa Rusia, sediakan kamus disebalah kamu ya biar ngerti tuh orang ngomong ap) Bahasa rusia bisa juga disebut dengan bahasa slavik yang terdiri dari 33 huruf. Merupakan bahasa pengantar di republik bekas uni soviet, bisa dibilang bhs rusia merupakan bhs IBU. Bahasa rusia terdapat 6 padez, yang setiap padeznya itu berbeda 1 dengan yang  lainnya. Perubahan kata kerja nya pun banyak banget. Klo saya jelasin mgkn juga pada ga akan ngerti, dan saya pun bingung ngejelasinnya bagaimana😀.

Di bawah ini merupakan tabel 33 huruf rusia dgn terjemahan bhs latin.

А
/a/

Б
/b/

В
/v/

Г
/g/

Д
/d/

Е
/je/

Ё
/jo/

Ж
/ʐ/

З
/z/

И
/i/

Й
/j/

К
/k/

Л
/l/

М
/m/

Н
/n/

О
/o/

П
/p/

Р
/r/

С
/s/

Т
/t/

У
/u/

Ф
/f/

Х
/h/

Ц
/ʦ/

Ч
/ʨ/

Ш
/ʂ/

Щ
/ɕː/

Ъ
/-/

Ы
[ɨ]

Ь
/◌ʲ/

Э
/e/

Ю
/ju/

Я
/ja/


Berikut ini saya tampilkan percakapan singkat dan sederhana antara Tio dan Vera.  Sengaja saya tulis dgn huruf latin,soalanya klo pake huruv Cyril bisa2 pada ga ngerti dan ga bisa bacanya. Tio bertemu dgn Vera di sebuah Cafe.


Tio : Privet Vera! (Halo Vera!)

Vera : Privet Tio! (Halo Tio!)

Tio : Kak dela vera?? (Apa kabar Vera??)

Vera : Kharaso (Baik), u tebya kak?? (kamu gmna??)

Tio : kharaso toze ( juga baik)

Vera : Sto ti delaew zdes?? ( sedang apa kamu di sini??)

Tio : Ya zdu mayu padrugu (saya sedang menunggu teman wanita)

Tio : A ti, sto ti delaew zdes?? ( Dan kamu, sedang apa kamu di sini??)

Vera : Prosta gulyayu ( cuman jalan2), mnye skucno v komnate (saya bosan di kamar)

Tio: Ponyatno (ngerti)

Vera : Gde tvaya padruga,ana paka ne prisla??(Di mana teman wanita kamu, dia blm datang??)

(si Tio sambil celingak celinguk menanti temannya datang, tidak berapa lama temannya dateng)

Tio : Vot ana prisla (Itu dia datang) (sambil menunjuk ke arah temannya)

Vera : Ladna Tio, ya seicas pasla damoi. ( Ok Tio, saya sekarang pulang dulu)

Tio : Ladna Vera. Poka.. Dav streci. (Ok Vera. Sampai jumpa. Sampai ketemu kembali)

Vera : Spasiba ( Terimakasih)

Bagi yang ingin mempelajari bhs rusia selamat mempelajari dan berpusing2 ria ya😀


18 pemikiran pada “Mengenal bahasa Rusia yuk!!

  1. spasiba ya mbk….kalo mo ditambah lagi monggo maturnuwun banget….kalo mau beli buku tolong kasih refrensi buku yang bagus dong

    1. ne za sto ya mas..oh ya jgn panggil mba…msh muda nih😀
      oh ya di toko buku karisma klo ga salah ad buku untuk bljr bhs rusia 12 jam,pake tulisan latin..
      dicoba aj siapa tau bermanfaat/…

  2. spasiba mbk,
    ku mrasa trbantu bangets,buat aq yg pengen bljar bahasa rusia n budayanya coz memberi bagaimana cara membacanya. q udah hafal huruf cyrillic tp agak bingung cara baca&pnggunaannya.
    contoh cara bacanya “spasiba” tp penulisan cyrillicnya “Spasibo”. hehe,maklum q belajar secara otodidak N’ sulit mendapatkan kamus bahasa rusia di kota saya. oya, q juga penasaran sama bilii noshi di kota St.petersbug N’ pengen mengunjungi lapangan merah,Moskow. menurutku “rusia kakaya strana”.
    poka,,,,,,,

  3. hai buat smua pendatang baru datang ne.
    biar cpet bisa kita ngobrol di fb jg dong..
    add my fb. sukri.hapipi@yahoo.com
    счастливы знать, что вы.
    Я буду видеть Вас на ФБ чат.
    schastlivy znatʹ, chto vy .
    YA budu videtʹ Vas na FB chat .

  4. thanks ka! saya suka banget sama postingan ini hehe btw saya lagi cari nama buat akun tumblr saya dan akhirnya saya memutuskan untuk privetazrina.tumblr.com hehehe makasih kaaaaa, saya akan sering sering berkunjung ke laman ini saya suka sekali mempelajari bahasa😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s