Ufa- Rostov

Ufa- Rostov merupakan perjalan ke- 5 qu mengunjungi kota2 di Rusia. Sebelumnya aq pernah mengunjungi kota Tula, Novomoskovsk (tempat qu belajar bhs Rusia), Moscow tentu saja, Ufa (kota tempat qu tinggal sekarang), dan Taganrog. Perajalan ufa- rostov qu tempuh dgn menggunakan kereta api. Lama perjalanan sekitar 38 jam. Aq pun melancong sendiri ke rostov. Ya klo difikir ya, cewek sendiri berpergian ke luar kota dgn waktu tempuh yang lama dan juga ini merupakan negara orang kok nekat ya?? Temen qu Dinda bilang ” Nek lo nekat amet? gw aj ga berani “. Klo difikir2 emang ia nekat. Tapi mau gimana lagi, jika tidak seperti itu aq tidak akan mempunyai pengalam berkesan dan yg bisa qu ceritakan nanti ketika kelak qu tua. Ke rostov pun sebenarnya tidak aq rencanakan, karena sebelumnya aq ingin berlibur ke moscow, tapi jika aq selalu ke moscow ap yg akan aq lakukan di sana?? Toh setiap musim panas aq akan ke sana juga, oleh karena itu qu pilihlah ristov secara di sana lumayan banyak mahasiswa Indonesia, sekitar 11 orang. Aq pun sempat minta ijin ke ibu klo ingin liburan ke rostov, tapi tidak aq katakan lamanya perjalanan yg harus aq tempuh. hehhehehehehehe. Soalnya jika ibu qu tahu bisa2 aq dapet wejangan yg panjang lewat SMS😦

Selama di kereta kerja qu, hanya makan, tidur, bengong dan memperhatikan lewat jendela desa2 yg di lalui kereta. Sepanjang  jalan banyak qu lihat pabrik2 MIGAS, dan tanah lapang yg diselimuti salju. Ada juga rumah2 penduduk yang sudah reot tidak tersedia listrik. Sempat terlintas ternyata Rusia itu tidak ada bedanya dengan Indonesia, karena byk beberapa tempat yang tidak terisolasi listrik. Aq pun bertanya dalam hati, bagaimana mereka bisa hidup di desa yang sungguh kecil?? tidak tersedianya hiburan?? dan pemandangan yang indah pun tidak ada?? Bagaimana mereka mengetahui apa yang terjadi di belahan dunia lainnya?? klo aq ditempatkan di sana bisa bertahan berapa lama?? klo ini bisa aq jawab, aq cuman bisa bertahan 1 jam saja😀 Setelah 1 hari 1 malam suntuk akhirnya selang 1 jam aq akan tiba di rostov.. Aq pun bersiap2 berganti pakaian dan merapihkan tempat tidur. Jika ditanya gmna perasaan aq ketika akan sampe aq jawab “aq bahagia sekali” aq akan menemui teman2 yg sudah lama tidak aq temui, dan hari2 qu akan qu lalui dgn senang tidak ad lagi kejenuhan. Yang ada di kepala qu ya itu, aq akan jalan2 setiap hari, ngobrol2 dan tentu saja foto2😀. Yah hidup di ufa, cewe sendiri sungguh berat qu rasakan. Tidak ad hari2 aq bisa share dgn teman wanita, tidak ad bercanda2 sungguh menyedihkan😦

Akhirnya aq sampe di rostov.. Kereta sudah berhenti, lalu aq turun dari kereta. Lalu aq celinga- celingu mencari2 org indonesia yg akan menjemput qu di stasiun.. Tapi kok mereka tidak ad batang hidungnya?? aq jalan pelan ke depan tapi mereka tidak ad juga. 10 menit aq menunggu, sempat ad perasaan dongkol di hati (pada di mana nih?? buset deh pada ngaret nih?? mana gw ga tau ap2 tenteng nih kota lagi?? awas aj mereka klo nongol!) Setelah penantian 10 menit akhirnya ke-2 temen qu dateng kucluk2. Qu ngambek sebentar ke mereka😀 AKhirnya kami bertiga keluar dari stasiun, menuju bus ke asrama anak2 podfak(fakultas persiapan). Di tengah perjalanan kami semua lapar, maka kami memutuskan cari makan. Kami pun memutuskan untuk beli saurma (kebab) tapi karena kebabnya hanya tinggal 2 maka kami tidak jadi beli. Lalu qu berinisiatif lebih baik kita masak sendiri saja, semua kebagian dan bisa kenyang. Kami pun ke supermarket PEREKRESTOK dan membeli ayam serta bahan2 untuk membuat salad. Begitu sampe di asrama podfak istirahat sebentar lalu masak. Nah lagi2 yg masak itu aq (Heran ga di mana2 kok aq disuruh masak mulu ya???) mereka pun hanya nyengir2 saja karena aq yg masak, tapi semua kebagian tugas bantu2 hehehehhehehe..

Hari ke-2 qu di rostov kami memutuskan mengelili rostov. Rostov kotanya lebih kecil daripada ufa, tapi penduduknya lebih padat. Di rostov sering qu temui kemacetan lalu lintas, dan byk bangunan2 tua. Dari cuaca pun beda dgn ufa. Karena letaknya di seletan rusia dan lebih deket ke wilayah asia, oleh karena itu rostov lebih hangat. Cuaca di sana sudah plus, salju pun hanya tersisa bogkahan2nya saja. Rostov juga tidak jauh berbeda dengan beberapa kota di rusia, yang bisa dilihat hanya itu2 saja. Jika lama2 di sana sudah bingung apa yg bisa di datengi??

Hari ke-3 di rostov, kami berencana untuk maen ski dan bertemu dgn 4 orang anak2 podfak  kedokteran untuk mengajak mereka jalan2. Tapi sayangnya karena mereka sibuk  jadi sayang sekali kami tidak bisa jalan2 dgn mereka. Setelah menemui anak2 kedokteran lalu kami berlima (Dinda, Dita, Nikko, Iqbal, dan aq) memutuskan untuk langsung ke area permainan ski. Qu kira kami akan naek angkot kesana, tapi tidak disangka2 ternyata jalan kaki. Lengkap lah sudah, blm pulih tenaga qu dan disuruh jalan kaki lagi. Perjalanannya pun lumayan jauh tidak sampe 5 km, tp tetep saja melelahkan. Akhirnya setelah perjalanan yg melelahkan tiba ke area bermainn ski. Karena ini pertama kalinya bagi qu, alhasil aq jatuh berulang2😀. Tapi sungguh menyenangkan dan membuat kaki pegel2 semua. Wkt sudah menunjukkan jam 6 sore, matahari pun sudah tenggelam, qu putuskan untuk pulang ke asrama berasama nikko dan iqbal.  Dinda dan dita stay di sana bersama 3 org teman meraka dari Thailand, Rusia, dan Afrika. Setelah sampe asrama langsung badan qu rebahkan ke kasur, kepala pun rasanya pusing karena jatuh tadi. Lalu qu suruh Iqbal hari ini masak. Menu masakan favorit dia yaitu ayam bumbu merah😀

Hari ke-4 qu di rostov, kami maen ke luar kota. Main ke kota taganrog.Rombongan kami ad 9 orang (5 orang indo, 2 vietnam, 1 Thailand, dan 1 lg dr pecahan soviet). Lama perjalan 1,5 jam menggunakan kereta listrik dgn tiket perorang 32 rubel (1 rubel=340 rupiah). Itu tiket asli murah banget karena kami punya kartu mahasiswa, bagi yg tidak punya kartu mahasiswa harga tiket 64 rubel. Di dalam kereta tidak jauh2 yaitu pasti foto2. Kebiasaan oarnag Indo kali ya, klo pergi kemana2 tidak pernah untuk melewatkan ajang foto2. Taganrog termasuk kota kecil juga, di sana terdapat laut, yg bernama laut Azov. Ketika kami jalan2 ke kota, kami semua jadi tontonan penduduk kota (Serasa jadi artis :D) mgkn mereka heran tumben ad org asing cukup banyak berkeliaran di jalan:D, penduduk taganrog pun ramah2. Karena cuaca msh lumayan dingin maka lautnya pun msh beku.. Wah seru sekali pikir kami, karena lautnya masih beku sehingga kami bisa jalan ke tengah laut. Ya dan lagi2 yg kami lakukan adalah foto2. Setelah puas foto2 kami memutuskan untuk cari makan. Karena kami blm makan dan hanya sarapan sekadarnya saja, lalu kami di bawa oleh 2 org Vietnam (mereka tur gaet gratis kami:D) untuk makan ke kantin kampus mereka. Tiba dikampus kami melihat daftar menu dan terkejut melihat murahnya harga makan siang dsna yaitu cuman 50 rubel dgn menu lengkap ( grecka, sup ayam, roti, kisel (minuman khas rusia seperti gely tp lebih encer)) secara klo di kantin kampus lainnya kami mesti merogoh kocek setidak2nya 100 rubel.Dan lagi2 kami pun jalan kaki dgn jarak yang jauh sekali (gila dikerjain ma org Vietnam nih,masa pulang pergi jalan kaki). Alhasil kami mengelilingi kota hari ini dgn jalan kaki sejauh 12 km (pertama kali selama hidup gw). Kami meninggalkan taganrog jam 5.45 sore. Ada keunikan sendiri ini kota, karena baru jam 5 toko2 sudah tutup, hanya ad 1 at 2 orang saja penduduk yg berkeliaran (sumpah serasa kota mati kaya di film2). Akhirnya kami kembali lg ke stasiun untuk menuju pulang ke rostov. Good bye taganrog

Hari ke-5 di rostov, hari terakhir qu di sini. Hiks rasanya sedih sekali😦 karena sudah mesti balik ke ufa lagi. Aq bener2 tidak mo balik ke ufa. Sudah terasa hari2 yg menjemukan yg harus ku lalui. Alhasil seharian aq hanya di kamr dinda saja tidak mau kemana2. Hari terakhir qu lalui dgn malas2an. Anak2 yg laen pada protes knapa aq cepet bgt pulangnya??😀 (sampe segitunya hehhehehehe). Ya aq bilang” gw dah mulai kul, lagi juga liburan kalian dah selesai”. Tiba sudah pukul 22.40 kami OTW ke stasiun, karena kereta qu erangkat pukul 23.15. Di kereta qu mengucapkan banyak2 terimakasih kepada temen2.. Liburan qu di rostov sungguh menyenangkan. Hiks perpisahan yg menyedihkan😦 waktu sudah menunjukkan pukul 23.15 Kereta pun lambat tapi pasti meninggalkan kota rosov. Akhirnya hidup normal qu akan segera kembali lg😦 bagaimana pun juga aq harus bersemangat

WELCOME BACK TO UFA :(:(

masak again Hari pertama di rostov,langsung disuruh masak

taman kota

maen ski

Maen ski

laut azovLaut azov yg beku nih😀

with all anak2 podfak

6 pemikiran pada “Ufa- Rostov

  1. saya bekerja di BUMN di Indonesia, kebetulan perusahaan saya menjalin kerja sama dengan perusahaan satelit rusia di zheleznogorks. kemungkinan beberapa waktu kedepan saya atau teman-teman saya akan magang kesana sekitar 18 bulan sd 3 tahun. kalo anda tahu dan berkenan kami mohon info mengenai kondisi linkungan, suhu, living cost, pendidikan untuk anak, kesehatan, bahasa yg digunakan, kalo bahasa inggris aja apakah cukup membantu dan hal-hal lain yang perlu kami perhatikan?
    mohon maaf jika pertanyaan saya tidak berkenan atau tidak tepat, karena saya juga tidak tahu mesti tanya ke siapa?
    terim kasih atas perhatiannya

    1. Bapak Eransi saya telah menerima comment bapak dari blog saya.. Saya akan mencoba menjawab pertannyaan dari bapak…
      Mudah2an jawaban saya bisa memberikan gambaran bagaimana Rusia… Klo saya boleh tahu, kira2 Bapak dan rombongan akan ke Rusia bulan apa??
      Supaya saya bisa kasih tahu bagaimana cuaca yg akan bapak dan rombongan hadapi.. Untuk kota zheleznogorks yang akan bapak datangi itu saya lihat di internet dan terdapat 2 tempat yaitu Kurskaya oblast dan Krasnoyarski krai.. Klo Bapak ditempatkan di mana ya??? soalnya 2 tempat itu berbeda.. Untuk suhu di Rusia, terdapat 4 musim. Klo musim dingin suhu bisa mencapai -30 derajat.. Musim semi dari +10 sampe -10, musim gugur cuacanya sama dengan musim semi. Klo musim panas bisa mencapai +40 derajat. Klo living cost karena saya mahasiswi perbulan 200$. Oh ya apa bapak nanti difasilitasi dengan tempat tinggal?? at bapak harus mencari sendiri?? dsni untuk tempat tinggal yaitu apartemen.. Harganya pun berfariatif perbulannya.. U/ pendidikan anak, mungkin anak bapak bisa masuk ke sekolah bareng2 dengan orang rusia… Sayangnya setidak2nya bapak bisa sedikit2 tahu bahasa rusia.. Soalnya orang rusia hanya sedikit yg tahu bahasa inggris..
      Untuk sementara segitu jawaban dari saya pak.. Jika ad yang belum jelas silahkan bapak bertanya… Maaf jika ada kata2 saang yang tidak berkenan di hati bapak..

      Terimakasih

      Rahmi

  2. terima kasih mbak Rahmi atas infonya. Insyaallah kami berangkat ke rusia sekitar bulan Juli dan ada beberapa orang bulan Februari tahun depan. Oh ya kami ke Zheleznogorsk di krasnoyarsk krai ( mohon maaf kalo tulisannya salah)

    1. Sama2 Pak.. Saya hanya membantu memberikan sedikit gambarannya… Bagi yang berangkat bulan juli sungguh bersyukur sekali karena cuaca di Rusia masih panas.. Bagi yg berangkat bulan Februari cuacanya lagi dingin2nya di Rusia… Oh ya pak,, klo ke sini jangan lupa membeli buku saku rusia soalnya menurut saya itu penting dan lumayan membantu ketika bapak sampe di Rusia.. Buku itu klo tidak salah dapat dibeli di Gramedia…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s