(Update) Kuliah di Rusia…

Ternyata banyak juga yang berminat untuk kuliah di Rusia, berhubung masih sedikitnya informasi yang ada jadi aq membantu sedikit menambahkan atau meng update perkembangan kuliah di Rusia ini. Mudah-mudahan bisa membantu bagi yang ingin dan berminat kuliah di Rusia.. Postingan kali ini aq bikin seperti tanya jawab supaya lebih jelas.. Jika masih kurang jelas bisa dibaca postingan aq yang lama judulnya “kuliah di rusia”., 

Oh ya, untuk yang nanya via e-mail, YM tapi pertanyaannya sudah ada di sini tidak akan saya jawab. Sory karena kebanyakan yang nanya ke saya pertanyaannya berulang-ulang dan setiap pertanyaannya sama..

A ; Berapa lama kuliah di Rusia untuk jenjang S1 dan S2?

Q; Untuk jenjang S1 terbagi menjadi 2 opsi, yaitu:

1. Spesialis (lama kuliah spesialis itu 5 tahun. Jadi jika ditambah dengan kuliah persiapan bahasa maka jadi 6 tahun).

2. Bachelor (lama kuliah bachelor 4 thn. Jadi jika ditambah dengan kuliah persiapan bahasa maka jadi 5 tahun lamanya).

Untuk S2 lamanya masa perkuliahan 3 tahun (2 tahun maka kuliah, 1 tahun persiapan bahasa rusia).

Q; Apakah jika diterima beasiswa wajib mengikuti fakultas  persiapan bahasa rusia?

A; Wajib, karena perkuliahan di sini menggunakan bahasa rusia. Jika kuliah bea sendiri tapi mengambil program yang kuliahnya pake bahasa rusia, tetap wajib mengikuti fakultas persiapan bahasa rusia. Sedangkan yang kuliahnya bea sendiri tapi programnya pake bahasa inggris tidak diwajibkan mengikuti fakultas persiapan bahasa rusia.

Q; Bagaimana dengan kondisi kota-kota di Rusia dan hidup di Rusia?

A; Kota-kota di Rusia tidak sama dengan negara-negara Eropa barat. Suatu kesalahan fatal jika berfikir di sini kotanya modern. Memang ada beberapa tempat yang seperti Eropa barat, tapi yah jangan ditanya indah atau tidak?? Setiap kota di Rusia memiliki alat transportasi yang sangat nyaman, rata-rata penduduk rusia lebih suka menggunakan transportasi umum.

Untuk perjalanan keluar kota transportasinya sangat memadai.. Bisa menggunakan Bus Umum, Kereta Api, Pesawat Terbang. Harga tiket setiap alat transportasi tentunya berbeda-beda. Jika ingin nyaman dan cepat sampai bisa menggunakan pesawat terbang.. Untuk pembelian tiket bisa melalui internet, travel, atau datang langsung ke  kantor cabang setiap perusahaan. Oh ya, untuk bus biasanya kita harus booking atau beli tiket dulu sebelum keberangkatan.. Biasanya ada yang tidak melayani jika kita langsung “nyelonong” dan duduk di dalam bus.. Jika kita ingin berpergian menggunakan kereta api, lebih baik kita melihat jadwal kereta terlebih dahulu di internet..

Hidup di Rusia sangat-sangat keras. Kenapa keras? Karena kita akan mengalami yang namanya beda budaya, beda cuaca, beda cara kehidupan.. Yang biasanya “anak mami” terbiasa ketika di Indonesia semua dilayanin, jangan harap di Rusia ada perlakuan seperti itu. Jika sudah sampai di Rusia kita sudah harus terbiasa mandiri, tidak bergantung pada orang laen. Walaupun di kota kita tinggal banyak orang Indonesia-nya, tetap kita harus mandiri..  Jadi jika kalian tidak kuat mental jangan ada pikiran untuk coba-coba, karena jika kalian meyerah ditengah jalan (kabur ke Indonesia) hanya membuat malu nama Indonesia dan membuat malu teman-teman Indonesia yang sedang kuliah di sini.

Q; Bagaimana dengan cuaca di Rusia?

A; Cuaca di sini sungguh-sungguh sangat ekstrim. Iklim di sini terbagi empat musim yaitu musim dingin dengan suhu minimum mencapai -30 derajat celscius (dibeberapa kota yang mendeketai kutub utara bisa mencapai -40 derajat celcius), musim semi dengan suhu -10  derajat celcius sampai +15, musim gugur dari +15 sampai 0 derajat celcius, dan musim panas suhu maksimum pada tahun 2010 mencapai +40 derajat.

Q; Apakah beasiswa yang kita terima itu full atau hanya kuliahnya saja yang gratis??

A; Beasiswa di rusia hanya kuliahnya saja yang gratis, jadi untuk living cost dari kita sendiri. Termasuk biaya registrasi pasport, perpanjang visa, asuransi, asrama dari kita sendiri.. Pemerintah rusia tidak memberi uang beasiswa, mereka hanya memberikan uang saku yang tiap bulan nominalnya kurang lebih 40 USD. Apa dengan 40 USD cukup untuk 1 bulan?? jawabannya tentu saja tidak. Oh ya, uang saku yang diberikan itu diberikan tiap bulan jika nilai kita bagus. Karena setiap kampus atau kota memiliki kebijaksanaan yang berbeda-beda. Ada kampus jika setiap ujian nilai kita ada 3-nya, maka selama 1 smester kita tidak menerima uang saku. Begitupun sebaliknya, ada kampus yang klo nilai ujian kita semuanya 3, kita tetep mendapatkan uang saku.

A; Berapa biaya hidup perbulannya?

Q; Biaya hidup di Rusia berbeda-beda, kota selaen moscow dan St.Petersburg untuk sekarang ini berkisar dari 200-300 USD. Itu balik lagi dengan gaya hidup kita. Untuk di 2 kota itu biaya hidup sekitar 400-500 USD.

Q; Bagaimana asrama di Rusia?

A; Asrama di sini kondisinya bisa dibilang cukup untuk menempa mental kita. Tapi gak semua asrama seperti itu, tergantung kota dan kampusnya karena disetiap kota dan kampus kondisinya berbeda-beda. Ada yang kondisinya seperti hostel, ada yang biasa-biasa aj kondisinya.

Q; Bagaimana dengan dokumen-dokumen??

A; Setelah sampai di kampus,maka kita langsung mengurus registrasi pasport, visa, asrama, dll.. Jika ada teman-teman dari Indonesia yang sedang kuliah di kota tempat kita tinggal maka mereka akan membantu,tapi jika tidak ada biasanya akan dibantu oleh mahasiswa asing yang ada di kampus itu. 

Untuk fakultas persiapan bahasa, disetiap kampus memiliki “president” yang tentu saja orang asing. Jadi begitu kita sampai di kota masing-masing dan ternyata tidak ada orang Indonesia, maka secara otomatis pihak kampus akan menunjuk “president” itu untuk membantu segala keperluan adminstrasi sampai urusan administrasi kita selesai.

Q; Berapa uang saku yang didapet setiap bulannya?

A; untuk s1 35 USD, S2 40 USD, S3 50 USD.

Q; Apakah di Rusia bisa bekerja? atau part time? (Ini salah satu pertanyaan yang banyak ditanya oleh teman-teman yang tertarik kuliah di Rusia)

A; Sampai saat ini pemerintah rusia belum atau tidak mengijinkan penerima beasiswa untuk part time. Jika kita melihat ada mahasiswa asing yang bekerja, bisa dikatakan mereka bekerja secara ilegal. Visa yang kita dapatkan hanya visa study, jadi jika kita tertangkap saat ada razia bisa-bisa kita langsung dikeluarkan dari kampus atau bahkan langsung dipulangkan ke Negara kita. Perusahaan pun tidak mau mengambil resiko jika memperkerjakan mahasiswa asing, kecuali dari pecahan UniSoviet itu sudah laen kebijaksanaan.. Beda persoalan jika kita mendapatkan job part time dari kampus, karena klo ada part time dari kampus, kampuslah yang menjamin kita itu pun hanya ada saat summer.


Informasi Tambahan:

 Untuk biaya asrama kurang lebih 20 USD/bulan.

Registrasi pasport + perpanjangan visa 100 USD/tahun.

Transportasi di Rusia ; Bus 3500-10000, Metro 8000 rupiah sekali naek, angkot 5000 rupiah, Troli Bus 8000 rupiah.


10 pemikiran pada “(Update) Kuliah di Rusia…

  1. wah…. trims ya infonya…. hmmm saya boleh minta alamat emailnya dunk… kbetulan perlu info banyak ni ttg kul di Rusia. thanks b4 ^_^

  2. makasih buat infonya. dan beberapa ngebuat saya shock sih :D
    oh ya itu S1 dan S2 itu harus sarjana apa?
    soalnya saya rencana setelah kelulusan SMA mau menjadi penerjemah bahasa Rusia, perlu banyak info tentang kuliah bahasa Rusia disana

  3. mau tanya donk
    aq liat syarat2 beasiswa russia di blog sebelah. nah yg aq mo tanyain. katanya terjemahan ijazah n transkrip harus di ekuivalensikan oleh departemen pendidikan. itu maksudnya apa?apa setelah diterjemahin harus di legalisir lagi ke departemen pendidikan?
    truz semua dokumen harus di sah kan notaris ya?termasuk surat keterangan sehat dan HIV?
    bahasa pengantar kuliah pakai bahasa apa?
    kapan beasiswanya buka lagi?
    mohon pencerahannya ya krn rencananya saya mo daftar beasiswanya untuk 2012. Thanks ya

  4. hi miee..

    sori nongol lagi :D btw ada foto asramany gak? bener2 pingin tau keadaan tempat tidur dan kamarnya kyk gimana. jujur aja, yg plg gw takutin klo seandainya keterima beasiswa disana tempat tinggalnya, gw bisa kompromi dgn byk hal, tapi kalo tempat tingga gak layak, aduh bisa gak betah gw. pernah dulu pas kerja di batam, tinggal di dorm bareng ama pekerja lain, aduh payah bgt dorm nya, kmr mandinya jorok, tempat tidur dan kasurnya menyedihkan, tiap bangun pagi tulang punggung gw rasana mau patah, udah gitu tikus keliaran dimana-mana klo malam, sering bgt masuk kamar terus jalan2 di badan gw, ampun bgt dah pokoknya.. kyk gitu gak keadaan asramanya disana? kalo ada potonya mau dong diposting.. thanks sblumnya..

    1. Terimakasih atas sharing infonya.
      nama saya yuniarto wimbo, mahasiswa semester 7 politeknik program D4,
      Saya ingin bertanya apakah universitas Russia menerima lulusan Diploma 4 untuk melanjutkan s2 yang nota bene di Indonesia saja masih sedikit yang mengakui.
      saya dari dulu ingin sekali studi di russia,
      apakah mahasiswa yang masih duduk di semester 8 juga boleh mengikuti program beasiswa ataukah harus menunggu kelulusan.
      mohon informasinya
      terimakasih.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s